Saturday, May 4, 2013

Ekspedisi Gunung Padang, Cianjur

Bermodalkan tas ransel serta duit yang pas pasan The Kacamata Packer nekat mengunjungi situs megalitikum tertua didunia yang terletak di Cianjur Jawa Barat. Sabtu 27 April 2013 pukul 11.00 WIB, gue, thia, mbie, dan gabo sepakat ngumpul di Terminal Kampung Rambutan. Perjalanan kita menghabiskan waktu kurang lebih empat jam. 

Berangkat pukul 16.00 WIB menuju cianjur dengan bus Marita, 19.40 WIB kita sampai di Cianjur tepatnya kita turun di Jebrot. Sampai di jabrot kita melanjutkan perjalanan ke Warung Kondang. Disini lokasi terdekat menuju Gunung Padang. Niat mau tidur penginapan malah tidur di mesjid. Ternyata disini ga ada penginapan sama sekali. Penginapan hanya ada di daerah sekitar Cianjur. Karena sudah larut malam kita ga berani balik lagi ke Cianjur buat cari penginapan. Muka melas, cengar cengir, sok sok ramah jadi modal kita buat ngomong ke marbot buat minta izin stay di mesjid. 

The Kacamata Packer 

GABO

MBIE

ME

THIA

Dengan ber-alarm-kan adzan subuh kita semua sholat dan siap-siap menuju destinasi pertama kita yaitu Gunung Padang yang terdapat punden berundak bekas peninggalan Megatilikum yang menurut para peneliti merupakan situs tertua didunia.

Rejeki orang sabar, kita semua dapat tumpangan gratis mobil bak sayur untuk menuju Gunung Padang. Kebutalan sang supir ingin pulang kerumahnya didaerah dekat sana sepaulangnya dari pasar mengantar sayur. Dari warung kondang ini akses menuju Gunung Padang sekitar 25km. Dengan angkot bernomer 43 yang disambung dengan ojek menuju kaki gunung menghabiskan waktu tempuh kira-kira dua jam dengan kondisi jalanan yang sangat buruk.

Gerbang Gunung Padang


Gerbang Gunung Padang 

Sarapan dulu sebelum tracking 


Loket restribusi 


Untuk menuju teras pertama kita mesti tracking selama kurang lebih 10 menit. Digunung Padang ini ada dua track yang tersedia. Sebelah kiri memili track yang lebih terjal dengan anak tangga -/+ 390, dan yang sebelah kanan lebih landai dengan -/+ 700 anak tangga. Dan untuk menuju ke situs yang berada di Gunung Padang ini kita mesti di dampingi oleh seorang guide. Selain memandu dan memberikan informasi, guide diamanatkan oleh dinas pariwisata setempat untuk mengawasi para wisatawan wisatawan yang tidak bertanggung jawab. Yang ditakuti merusak, mengambil atau memindahkan letak batu yang berada di teras Gunung Padang tersebut.





Add caption





Batu Gong 


Batu Gamelan








Abah Anom sang guide



Abah Anom 




info tentang Gunung Padang secara lengkap bisa baca disini :

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Gunung_Padang



Destinasi kedua kita adalah Stasiun Lampegan, Stasiun ini sudah tidak dipakai sekitar dua tahun yang lalu. Stasiun ini menghubungkan Cianjur dengan Bandung atau Sukabumi. Stasiun Lampegan sendiri terletak 3km sebelum menuju Gunung Padang. Disarankan untuk foto foto di stasiun ini setelah dari Gunung Padang. Karena semakin siang Gunung Padang semakin ramai pengunjung. 









Destinasi ketiga kita adalah curug Cikondang, namun karena letak curug yang dekat dengan tambang emas membuat air disekitar curug tercemar dan terkontaminasi mercuri. Sayang didestinasi ketiga ini tidak dapat kita kunjungi. 



Estimasi Biaya :


  • Kp.Rambutan - Cianjur : Rp 50.000 pp
  • Cianjur - Warung Kondang : Rp 6.000 pp
  • Warung Kondang - Gunung Padang ( Angkot 3.000 + Ojeg 30.000 ) : Rp 66.000 pp
  • Restribusi : Rp 2.000
  • Guide : Rp 20.000 / Rp 5.000 per orang ( seikhlasnya ) 


Total : Rp 139.000

NB :
Karena ojeg disana terbatas dan mahal, alternatif lain adalah dengan mencharter angkot dari warung kondang apabila membawa rombongan. Ongkos menyewa angkot sekita Rp 150.000 - Rp 200.000 seharian. Untuk tempat penginapan hanya ada didaaerah Cianjur ( Jebrot ). Tidak ada penginapan di daerah Warung Kondang. 




HAVE FUN ! :) 


@nindygajah @thiianonong @mbycekiing @adryangolan :
  • Thank's to Allah SWT yang udah ngasih kesehatan dan kesempatan untuk melihat salah satu ciptaanNya
  • Thank's to @revikans dan @RyanNangtjik untuk informasinya
  • Thank's to Marbot mesji Abah ........ ( lupa namanya )
  • Thank's to aa' mobil bak sayur ( ga kenalan ) 
  • Thank's to wikipedia.org untuk infomasinya 


6 comments:

  1. Mupeng gua pengen kesono haha-.-

    ReplyDelete
  2. ndooy nitip cerita pulau sempu gue doooong boleeh ga ?? hahaha

    ReplyDelete
  3. boleeeh.. email aja ke elviananindyetgmaildotcom

    ReplyDelete
  4. penginapan di dekat situs malah banyak Mbak. kemaren sih saya tidur mushola biar hemat, tapi ya itu, kedinginan

    ReplyDelete
  5. waaah yang beneree ??? saya sudah nanya berkalikali ke orang banyak bilang gada penginapan disana... saya malah stay di mesjid yg jauh banget dari gunung padang ini :\

    ReplyDelete